Friday, December 30, 2011

Saya dan skoliosis ku

Sekedar ingin berbagi cerita pengalaman dan ilmu tentang skoliosis yang mudah-mudahan berguna buat anda. Dimulai dari skoliosi itu sendiri. Anda semua pasti sudah tau apa itu skoliosis . Skoliosis tuh salah satu kelainan tulang belakang , dimana tulangnya tidak begitu lurus, bentuk S .



Saya ingat pertama kali saya divonis tentang ini , 2 tahun yang lalu . Awalnya saya tidak akan menyangka sama sekali kalau bakal punya yang kayak gini , tapi ternyata baru sadar ternyata memang dari dulu gejalanya muncul. Memang bengkoknya pada umumnya tdk terlalu terlihat dari luar , tapi ngefek banget sama penderitanya. Gejala pada umumnya itu kalau duduk nya kelamaan tulang ekor sering sakit banget , mulai leher sampai tulang ekor dirasanya miring juga , berdirinya suka miring-miring ,  punggung suka nyeri sendiri , trus kadang sesak nafas. Kata dokter , memang itu gejala pada umunya , entah itu yang sudut kurva bengkoknya masih kecil (<20 derajat) atau besar (20-40 derajat). Biasanya penyebab skoliosis ini karena Selain itu banyak pantangan yang tidak boleh dilakukan sama penderita skoliosis ini , misalnya lari cepat, angkat benda yang terlalu berat , atau tidak boleh kelamaan duduk. Itu sih katanya dokter , pantangan itu biasanya untuk penderita yang sudah parah skoliosis nya. 

Kata dokter dan sumber terpercaya , ada 2 cara pengobatan yang bisa dilakukan , yaitu bisa lewat operasi atau bisa hanya dengan korset. Tapi , yang cara korset ini harus juga didukung dengan metode-metode pengobatan yang lain. Misalnya , berenang dengan rutin. Berenang juga kayaknya lumayan efektif , selain untuk mengurangi efek nyeri di punggung nya bisa juga untuk melatih pernafasan jadinya kalau sesaknya kumat lagi , masih bisa di antisipasi. Tapi lagi , inipun hanya buat orang yang masih gak terlalu parah skoliosis nya (yaa alhamdulillah yang kayak saya ini :)). Selain itu , rajin olahraga ringan kayak stretching , rajin check up di rumah sakit , sangat disarankan juga untuk proses penyembuhan.

Yaa..kayaknya cuma itu saja yang bisa saya ceritakan . Semoga bisa bermanfaat buat anda semua. Kunci dari penyakit ini cuma percaya diri , trus rajin-rajin merhatiin diri sendiri juga. Buat yang punya skoliosis juga , jangan malu dengan kondisi fisik kamu. Tetap bersyukur dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kamu dapat dari Tuhan. Karena dibalik hal yang buruk , ada anugrah yang sedang bersembunyi. Kita hanya cuma butuh waktu untuk menemukannya.

2 comments:

  1. haiii,,,namaku fitra anisa..umur aku 23 tahun aku penderita scoliosis aku udah menjalani operasi 9 tahun yg lalu..aku makin percaya diri dengan kondisiq yg sekarang... ini no.hp aku 085255151292, email fitraanisa908@yahoo.com, tweeter iralembah> ingin berbagi cerita hubungi aku aja.... share pengalaman sesama penderita scoliosisi

    ReplyDelete
  2. hai namaku seviq aku juga penderita skoliosis alamat email sfebinita@yahoo.com pengalaman kalian tentang skoliosis sangat berarti untuk saya.

    ReplyDelete

Day 10: Your Bestfriend

Di bangku SD, sahabat saya ada dua orang. Mereka adalah teman sekelas dan teman satu mobil jemputan. Kami bahkan tidak tahu apa itu sahabat....