Thursday, July 6, 2017

#6 Bulan Keenam : Surat Singkat

Selamat mengulang bulan lagi, Al. You are 6 months old now. 


Many things have happened in this 6 months. Mulai dari hari pertama kamu lahir sampai detik ini sudah menginjak 6 bulan. Waktu terasa berjalan begitu lambat karena jatuh cinta dengan kamu setiap harinya. Setiap detik yang mama, papa, dan Al lalui berjalan begitu bermakna. Kita berdua banyak belajar. Belajar memahami dirimu. Belajar memahami karaktermu. Belajar menjadi orang tua yang baik, meskipun kita juga tidak tahu apa standar orang tua baik itu. Kami tidak tahu apakah kami akan menjadi orang tua baik untuk kamu. 

Selamat kamu juga sudah lulus S-1 ASI, nak. 

Mungkin kelihatan sepele untuk sebagian orang. Ah cuma menyusui doang sampai 6 bulan aja bangga. Iya yah, kita gak perlu bangga, soalnya perjuangan kita berdua, Al, masih sangat panjang untuk urusan menyusui ini. Tapi, mengingat lagi perjuangan kita dari awal demi kamu bisa minum ASI. Semua orang menyuruh kita, mama, untuk berhenti menyusui ASI karena keadaan mama yang lemah dan muncul masalah-masalah sejak menyusui. Mungkin mereka hanya sayang sama kita berdua, tapi mama dan papa lebih sayang sama kamu. Ingat lagi mama mesti bangun dini hari jam 2 dini hari, untuk pumping sambil ngantuk-ngantukan, yang hasilnya pun tidak seberapa. Kelelahan, sakit tiap saat. Mengingat kamu nangis-nangis minta ASI yang mama mesti buru-buru siapkan di botol dot. Kita berdua melalui proses menyusui ini dengan air mata. Biarlah memang kelihatan sepele, tapi tidak untuk mama. Karena hanya mama, papa, Al dan Tuhan yang tahu seperti apa kita semua berusaha keras memberikan yang terbaik sejak lama sekali, bahkan sejak kamu masih sebesar biji saja. 

Selamat beranjak tumbuh lagi bulan ini, Al.

Tidak perlu panjang lagi tulisan ini, karena masih banyak lagi yang akan terjadi di beberapa bulan dan tahun kemudian. Panjang umur, nak. Semoga. Aamiin..

With Love,

Mama


No comments:

Post a Comment

Day 10: Your Bestfriend

Di bangku SD, sahabat saya ada dua orang. Mereka adalah teman sekelas dan teman satu mobil jemputan. Kami bahkan tidak tahu apa itu sahabat....