Sunday, March 22, 2015

Kapan Menulis?

"Non. Kamu kok bisa rutin menulis sih. Blog masih kamu update sampai sekarang. Kapan nulisnya?"

"Yaa disempat-sempatin aja. Hehe"

Teringat dengan sekilas percakapan dengan seorang teman beberapa hari yang lalu. Saya dan dia, mungkin juga teman-teman lainnya yang mengenal saya akan bertanya dengan pertanyaan sama. Dilihat dari keseharian, saya bekerja pada sebuah instansi yang mengharuskan saya bekerja 10 jam per hari, setiap hari Senin hingga Jumat, dari pagi sampai malam. Dengan beban kerja serta tuntutan harus selalu stand-by ditempat. Tidak jarang waktu kerja saya harus ditambah hingga malam karena tuntutan profesi ini. Mungkin mengalahkan satpam di kantor kalik ya, hehe. Lalu, kapan menulis?

Harus saya akui, sejak bekerja, rasanya sulit sekali menemukan waktu senggang, betul-betul luang, untuk bisa fokus dengan menulis. Kecuali hari Sabtu dan Minggu. Itupun kadang saya biasanya lembur atau punya kegiatan acara lain. Dulu, waktu kuliah tentu gampang sekali menulis. Selalu ada waktu untuk menulis beberapa paragraf di blog atau sekedar menulis "corat-coret" biasa di Word. Malah, masih sempat juga untuk mengikuti lomba menulis yang biasanya diadakan online oleh beberapa website dari penerbit. Pada akhir pekan, saya bahkan tidak jarang begadang hingga dini hari hanya untuk blogging. Jadi, pas ide untuk sebuah tulisan datang, saya bisa langsung eksekusi. 

Beberapa waktu yang cukup lama, kegiatan menulis berhenti untuk sementara. Karena disibukkan dengan rutinitas dan rangkaian kegiatan sebagai pegawai baru. Benar kata orang bijak, dua orang yang saling mencintai akan saling mencari satu sama lain ,jika salah satunya tidak ada. Tapi, kasus ini terjadi antara saya dengan blog. Hehe. Lama tidak menulis rasanya ada yang kurang. Banyak cerita yang terjadi rasanya tidak "hidup" kalau tidak diabadikan dengan tulisan. Saya kembali mencari blog. Sangat berniat untuk menulis lagi walaupun badai menghalang. Hahaha. Saya pun mencari solusi bagaimana caranya di tengah kesibukan ini, saya masih bisa menulis.

Dulu, (sampai sekarang juga), saya selalu bawa laptop kemana-mana. Ke kantor, ke mall, laptop pasti sengaja saya bawa. Kalau di kantor, saya biasanya menyempatkan datang lebih awal, dan mulai menulis sebelum jam kantor dimulai. Mungkin setengah jam sebelumnya, saya sudah asyik berkutat dengan laptop. Lalu, pada saat jam pulang, biasanya saya sengaja tinggal lebih lama, untuk melanjutkan tulisan tadi pagi sambil mengerjakan pekerjaan lain. Tapi, biasanya saya jarang pada jam segini. Makanya, saya menulis sekalian pulang kantor saja, saat sudah dirumah. Saat di rumah juga, belum tentu bisa sempat. Mungkin karena mengurusi hal lain, atau tertidur karena sudah terlanjur capek. Solusi ini ternyata tidak efektif.

Lama browsing di google, lama merenung menatap langit-langit kamar, solusi belum juga datang. Sampai akhirnya, saya terinspirasi dengan aplikasi email yang ada di handphone jadul. Waktu itu, masih tipe Nokia E71. Saya berfikir, internet sudah canggih. Sudah bisa mobile kemana-mana. Hp jadul ini saja sudah bisa ada aplikasi emailnya, tumblr, twitter, dan facebook sudah ada aplikasinya, kenapa tidak dengan blog? 

Saya memang tidak menemukan aplikasi blog, tapi saya menemukan cara lain. Blogging via email. Ternyata blogger.com sudah memiliki fasilitas agar blogger bisa mobile kemana-mana, walaupun tidak memakai aplikasi blogger.com, selama ada aplikasi email di handphone nya. Jaman sekarang, hape apa sih yang gak punya aplikasi email. Pasti semua punya. Tinggal mendaftarkan alamat email blog dan ikuti saja langkah-langkah selanjutnya. Kapan-kapan saya akan share tentang itu disini. 

To be continued.. :D

No comments:

Post a Comment

Day 10: Your Bestfriend

Di bangku SD, sahabat saya ada dua orang. Mereka adalah teman sekelas dan teman satu mobil jemputan. Kami bahkan tidak tahu apa itu sahabat....