Saturday, July 13, 2013

Dapur dan Mood

Menurut saya, dapur adalah kunci dari sebuah rumah tangga. Ah, bukan cuma dapurnya aja tapi beserta pasukannya. Percuma banget kan kalau cuma punya ruangan dapur tapi gak ada apa-apanya? Gak ada kompor, peralatan makan, bahan makanan, dll? Jadi, dapur dan pasukannya itu penting. Kenapa? Berikut adalah hasil analisis saya:


1. Ada makanan
Ini adalah alasan yang paling lumrah kenapa dapur itu penting buat sebuah rumah tangga. Karena disini akan lahir makanan-makanan masterpiece binti enaknya-sumpah-bikin-ketagihan yang membuat kamu hidup sampai sekarang. Dan pastinya chef utama di dapur di rumah kamu adalah (siapa lagi?) Mama. Ibu. Emak. Coba bayangkan kalau tidak ada dapur di rumah? Bakal masak dimana? Kalau gak masak, terus mau makan apa? Kalau gak makan, terus mau hidup pake apa? Batu? Kecuali, kalau kamu rela kamarmu jadi dapur, dipenuhi sama kompor, peralatan dapur, belum lagi bahan makanan yang pasti bakal bikin kamu gak nafsu karena belum diolah, beserta bumbu-bumbu dapur lainnya. Iya, memang kita bisa beli makanan jadi diluar sana, tapi apa iya kamu ,tiap mau ngemil dikit, tiap mau ngunyah dikit (apalagi yang doyan makan, nih) ,harus beli lagi diluar? Ah, boros. Mending duitnya dipake buat yang lain tuh. Misalnya, buat ditabung atau disedekahin. Atau dibeliin barang-barang yang berguna. Buku ,misalnya. Apalagi kalau anak-anak kos nih, pasti setidaknya harus ada ada dapur di kosan mereka. Yah, walaupun mungkin jarang dipake tapi minimal bisa berguna lah kalau sudah menjelang akhir bualn, pas dompet lagi sekarat dan tidak bisa beli makanan jadi diluar. Dapurnya bisa dipake buat masak indomie. lol.

2. Bikin orang gampang berubah mood
Pernah tidak merasa kalau mama kamu tiba-tiba marah tidak jelas? Atau galaknya keluar tanpa kita tahu sebabnya? Bangun-bangun sudah dengar mama kamu ngeluh ini-itu? Atau gak, kamu deh. Pernah tidak kamu merasa tidak nyaman dirumah? Atau merasa risih? Kalau sudah seperti itu, coba deh lihat dapur kamu. Kotor? Kalau iya, bisa jadi karena dapur kotor itu yang membuat kamu atau mama mu bisa jadi sangat unmood.

Berdasarkan observasi di beberapa rumah dan bahkan pengalaman sendiri, 70% ibu rumah tangga emosinya gampang gusar, gelisah, dan ah, pokoknya melakukan apa-apa serba salah. Misalnya, kalau mama kamu lagi mencuci baju, tiba-tiba ada suara ember kayak dilempar. Atau pas beliau lagi masak, panci yang beterbangan, piring pada pecah semua, dll. Bisa jadi itu semua karena beliau tidak fokus dan tenang mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, karena dapurnya kotor. Piring bekas makan malam belum tercuci, meja makan belum dibersihkan, dan hal lainnya tergantung indikator kotornya dapur kamu di rumah seperti apa.

Nah, untuk masalah bagaimana cara supaya mama kamu jadi mood dan tenang mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya, hal yang harus dilakukan pertama kali pas pagi hari itu adalah beresin dapur. Meja makan dilap bersih. Peralatan dapur lainnya diatur rapi. Kompor, lantai dapur pada di lapin semua dari bekas-bekas minyak atau apalah itu yang bisa bikin dapur kita gak-banget-lah. Piring-piring kotor dicuci dulu walaupun hanya sedikit, jangan disimpan sampai siang. Karena dish kotor akan selalu bertambah seiring waktu berjalan. Entah itu bekas wajan, tupperware, panci, habis masak.

Dan, kita, sebagai anak baik dan berbakti pada orang tua, harus tahu keadaan juga. Yah, kalau kita bisa dan lagi gak ada kegiatan, kitalah yang bantuin cuci piring. Habis makan tuh semua piring yang ada di bak cuci piring di cuci. Gelas-gelas. Yah semuanyalah. Biar nyokap senang juga gitu. Kan lumayan, kalau dapurnya bersih, nyokap juga bakal tenang gak marah-marah, gak ngomel-ngomel, dan kita juga akan damai sentosa bebas dari omelan. Yah hitung-hitung pahala juga *senyumimut* :3

Sekian.

p.s : kalau nyokap lo masih aja ngomel walaupun dapurnya udah lo bantu bersihin sekinclong mungkin, saya tidak bertanggung jawab. I won't take any responsiblity for that :3

No comments:

Post a Comment

Day 10: Your Bestfriend

Di bangku SD, sahabat saya ada dua orang. Mereka adalah teman sekelas dan teman satu mobil jemputan. Kami bahkan tidak tahu apa itu sahabat....