Monday, July 15, 2013

Semua tentang Masa Orientasi Sekolah

Hari ini adalah hari pertama tahun ajaran baru. Which means, hari ini juga hari pertama MOS buat anak-anak baru di SMA dan SMP x)

Hm, berbicara tentang masa orientasi sekolah alias MOS atau ospek. Saya, sebagai generasi yang sudah berkali-kali ngadepin ospek, akan mengungkit sedikit pengalaman saya di masa lalu itu. Lol.

Rasanya baru kemarin gue datang ke sekolah, pake seragam putih abu-abu. Kemeja dan rok kebesaran jadi terlihat parah karena dipake sama gue yang badannya kurus ramping nan mungil ini. Jadinya kayak pake karung. Penampilan gue jadi lebih ribet karena ada atribut ospek yang harus dipake. Pake papan nama kardus tulisannya "Barbie Rusak"Rambut dikepang sana sini. Di rambut gue ada 25 kepang. Karena waktu itu tanggal 25. Dan besoknya nambah 1 lagi. Untung ospeknya cuma 3 hari ,mentok cuma sampai 27 kepang. Kalau gak, mungkin rambut gue bisa berubah wujud jadi sarang. Segala macam bisa masuk. Ngumpetin manusia mungkin bisa, saking kribonya.

Pokoknya dari cerita-cerita yang gue dengar dari orang lain itu, ospek SMA itu penuh dengan pertumpahan darah. Seniornya galak. Disuruh ini-itu yang bikin lo bakal diinget 3 tahun. Bikin malu.


Dan bener aja, banyak pertumpahan darah disana.Lapangan sekolah mendadak penuh dengan orang yang lagi push up. Nah, push up ini hitungan nya "satu..satu..satu.." begitu terus sampai kiamat.  Ada yang lagi konser
Joget plus nyanyi adalah perintah senior yang paling klasik. Mungkin akan lebih fun kalau datengin orkes dangdut tiap ada ospek di sekolah. Biar bisa kayak ada orang yang lagi hajatan. Senior semua pada teriak di kuping junior-juniornya. Subhanallah, kemarin ada 5 orang temen gue yg congek abis MOS.

Tiap angkatan pasti ada orang-orang terpilih. Untuk apa? (apa lagi?) Dikerjain habis-habisan. Diperlakukan secara "khusus". Lo mesti hati-hati dan siap lahir batin ,kalau lo:

1. Cantik
Yah, taulah yang kayak gimana. Cewek yg girlie abis, pake gelang ke sekolah, tasnya 1 lengan, rambutnya panjang terurai indah. Kulitnya putih mulus. Nah, ini sasaran empuk buat para senior cewek. Pasti mereka bakal total buat nge-ospek lo.

2. Cakep
Dimana ada cantik, pasti ada cakep. Gak cuma cewek, bro. Cowok juga bakal jadi target utama senior. Biasanya model junior kayak gini tuh, yang mukanya emang cakep dari sononya, tinggi, bodynya ideal nan laki, muke nye agak sinis plus belagu gimana gitu. Kurang lebih kayak gitu lah.

3. Bukan keduanya, tapi unik
Maksudnya, lo gak cakep atau cantik tapi lo unik. Misalnya ,lobang telinga lo ada 4 atau gigi lo di jidat atau muka lo culun. Nah itu bisa jadi sasaran untuk memeriahkan acara ospek. Atau bisa juga kalau lo mirip salah satu senior.

Jadi, gue ceritanya masuk ke tipe "mirip- salah-satu-senior". Ternyata oh ternyata gue mirip ketua osis a.k.a ketos SMA gue sendiri. Gue dikirain adiknya. Dan gak peduli seberapa kerasnya usaha gue buat ngelak, tetep aja mereka gak percaya. Akibatnya gue dikerjain, jadi objek baru, tiap ada senior lewat dekat gue pasti sambil bergumam "adiknya ketos" padahal gue sendiri waktu itu belum lihat orangnya yang mana. Dan peng-judge-an oleh senior dan (bahkan) temen-temen seangkatan gue itu berlaku sampai 3 tahun SMA.

Tapi, yah walaupun ospek itu kadang nyebelin, jalanin aja. Disuruh nyanyi, nyanyi. Disuruh joget, joget. Disuruh kayang di atap sekolah, ikhlasin aja. Karena pasti akan ada saat dimana akan terkenang lagi masa-masa ospek lo itu. Karena disaat semuanya sudah tidak bisa diulang lagi, kita hanya punya kenangan :)







No comments:

Post a Comment

Day 10: Your Bestfriend

Di bangku SD, sahabat saya ada dua orang. Mereka adalah teman sekelas dan teman satu mobil jemputan. Kami bahkan tidak tahu apa itu sahabat....