Wednesday, December 4, 2013

Ini Visiku, Apa Visimu?

Satu lagi tulisan dari sebuah blog yang jleb banget. Gara-gara tulisannya tentang tentang visi hidupnya di dunia dan akhirat, bikin saya sadar. Apa visi hidup gue di dunia dan akhirat? (ini gapapa ya pake lo-gue, gak, bukan mau ngajak ribut. Bukan mau belagu kok. Hehe)



Hmm..pertanyaan yang lumrah tapi tidak semua orang bisa dapat jawabannya begitu saja. Kalau difikir-fikir lagi, pasti ada banyak sekali hal yang pengen banget kita lakukan dalam hidup. Buat diri sendiri, buat orang tua, buat sesama manusia, yang semuanya itu dilakukan karena satu, Allah. Karena itu bikin semuanya jadi sederhana dan terarah. Gak ngelibet macem-macem.



Kali ini gue mau sharing sedikit aja nih tentang visi hidup gue apaan. Mau tak tulis di blog ini, alasannya sederhana. Biar gue inget terus. Sekarang dan nanti. Gue orangnya suka lupa gitu sih. Iya..suka lupa. Parah deh umur segini yaelaaaah..

Oke, mulai dari visi hidup dunia:

"Pada tahun 2038, saya akan memiliki taman baca khusus anak-anak"

Sederhana banget ya? Kata-katanya lebay lagi. Tapi lumayan kece kan?


Tapi, kenapa harus taman baca sih? Kenapa gak sekalian bikin panti asuhan, atau bikin organisasi sosial aja gitu? Lagi-lagi jawabannya sederhana. Karena saya suka membaca dan saya mau SEMUA anak-anak suka membaca. Sesederhana itu. Mau itu anak-anak yang mampu maupun gak mampu. Perempuan atau laki-laki. Semua mesti suka baca. Kan beda tuh kalau dibeliin buku terus dibaca sendiri dirumah sama baca ditaman baca bareng sama anak-anak sebaya lainnya. Saling berbagi. Bikin anak-anak latihan bergaul juga dengan sebayanya, gak terjebak di dunia tekhnologi yang baru umur 10 tahun udah pake blackberry. BBMan pula. Yaelah gue aja umur segitu masih lap ingus.


Kenapa harus membaca sih? Tahu sendiri kan membaca itu banyak sekali gunanya. Perkaya kosakata, bisa tahu apa yang terjadi dibelahan bumi sana dengan hanya duduk dirumah dan ada buku dipangkuanmu. Syukur alhamdulillah kalau bisa menulis juga. Yah meneruskan generasi blogger selanjutnya kayak ane ini



Tidak, jangan tunggu beberapa tahun lagi. Pas udah gede. Jangan. Justru minat baca itu harus mulai dari kecil. Dari anak-anak. Biar pas gede nanti, gak kaget lihat tulisan banyak-banyak. Gak males baca buku tebal-tebal. Gak males dapat ilmu dari sana. Lagian, tahu sendiri kan, kita makin gede makin butuh ilmu banyak kan. Semua ilmu itu kan gak bakal dapat begitu saja kalau gak membaca. Kalau awalnya saja sudah males, gimana mau dapat ilmunya. Masa iya baca home facebook atau timeline twitter muluu?


Tapi, kan ada internet? Lah iya, lo baca diinternet juga mesti membaca dulu kan? Bukan dipelototin doang? Nah, makanya diantisipasi dari kecil, melatih budaya membaca. Gue sendiri dari kecil udah dididik biar membaca terus. Apapun itu. Mau brosur-brosur pinggir jalan juga, sikat aja! Gitu kata bokap gue sih.


Nah, itu kalau dunia, kalau visi hidup di akhirat?

Sederhana, gue pengen :

"Berada di satu surga dengan Rasulullah, bareng sama keluarga"

Itu muluk banget gak sih? Gak lah ya, secara hamba Allah mana sih yang gak mau ada disurga, bisa dekat sama Allah, sama Rasulullah, bareng sama keluarga tercinta, orang-orang yang dicintai. Siapa yang gak mau? 



Semoga visi tadi beneran jadi nyata dalam beberapa tahun lagi. Semoga Allah mengizinkan. Aamiin.. 

Bagaimana dengan kamu?

p.s: eh ternyata asik juga nulis di blog pake monyet kayak ini >> 

No comments:

Post a Comment

Day 10: Your Bestfriend

Di bangku SD, sahabat saya ada dua orang. Mereka adalah teman sekelas dan teman satu mobil jemputan. Kami bahkan tidak tahu apa itu sahabat....