Saturday, February 1, 2014

Baik dan Berilmu

Singkat saja tulisan kali ini. Bermula ketika saya telah menonton program TV acara talkshow "Kick Andy 's Show". Kebetulan tema acara pada malam itu adalah mengenai kisah-kisah inspiratif seorang ayah dari narasumber-narasumber yang diundang pada talkshow tersebut. Salah satunya, adalah Bapak Letjen TNI (Mar) Nono Sampono. Pada saat itu dia bercerita tentang sosok ayahnya yang sangat berjasa besar atas kesuksesannya hingga sekarang. Beliau banyak belajar dari ayahnya. Ketika ditanya, apa yang ayahnya ajarkan sehingga ajarannya itu membekas hingga ia sukses sekarang.

"Ayah saya pernah bilang, kalau kamu mau sukses, kamu butuh dua hal. Yaitu, pertama, kamu harus banyak berbuat kebaikan pada orang lain. Setiap manusia pasti punya kekurangan, punya kejelekan tersendiri. Tapi kalau kamu banyak berbuat kebaikan, orang-orang tetap akan menganggapmu sebagai orang baik. Kedua, kamu harus pintar. Kamu harus belajar keras. Kalau kamu tidak mempunyai kedua hal itu tadi, percuma. Percuma kamu pintar, tapi bohong, yah..pokoknya tidak berlaku baik. Dan percuma kamu baik, tapi tidak pintar. Bisa-bisa kamu dibodohi orang.."

Saya tertegun mendengar jawabannya. Betul. Dan sederhana. Kita hanya butuh dua hal itu tadi. Banyak orang yang sibuk mencari cara agar ia bisa sukses, menggapai cita-citanya, tapi secara garis besar kita hanya butuh dua bekal untuk kesuksesan. Yaitu menjadi orang baik dan berilmu. 

No comments:

Post a Comment

Day 10: Your Bestfriend

Di bangku SD, sahabat saya ada dua orang. Mereka adalah teman sekelas dan teman satu mobil jemputan. Kami bahkan tidak tahu apa itu sahabat....